Cara Mudah Install SLiMS 8 Akasia dengan Menggunakan XAMPP Stable

SLiMS kini hadir versi terbaru, berbagai perubahan muncul pada rilis Akasia kali ini. Selain dari sisi tampilan OPAC dan admin, beberapa penambahan fitur juga mengiringi rilis Akasia. Kebutuhan interaksi antara pemustaka dan pustakawan diwadahi dalam fitur web chat. Kebutuhan interoperabilitas MARC dibungkus dengan fitur eksport to MARC.

Pustakawan dapat menikmati panduan SLiMS tidak lagi harus membuka dokumen terpisah, namun dengan bermasis Markdown (.md), manual SLiMS dapat dibaca langsung pada aplikasi. Hal ini memudahkan pustakawan untuk melihat “contekan” ketika menemukan kesulitan dalam mengoperasikan SLiMS. Fitur yang sangat mendukung para peneliti terkait pengutipan, berbentuk tampilan format style daftar pustaka yang dapat dicopi oleh pemustaka dengan mudah di SLiMS.

Isu teranyar dunia perpustakaan, RDA (Resources Descriotion and Access) pun muncul pada rilis Akasia ini. Penasaran? silakan unduh dan nikmati berbagai perubahan SLiMS Akasia. Semuanya dapat diperoleh secara GRATIS dengan berbagai kemerdekaan, sebagaimana kebebasan dalam GPL v.3.

Cara install SLiMS 8 Akasia adalah sebagai berikut :

1. Sediakan bahan-bahanya:

2. Jika sudah didownload kedua bahan tersebut, yang pertama kali harus kita lakuka adalah menginstall XAMPP terlebih dahulu. XAMPP bisa diinstall di C, D, maupun E. Tapi saya sarankan jangan di C, ini demi menghindari serangan virus dan juga agar jika PC atau komputer diinstall ulang, program SLiMS tidak ikut terhapus. Oke, taruhlah kita install XAMPP di E saja

3. Setelah XAMPP terinstall di E, maka silahkan exkstrak slims8_akasia.zip ke folder E:\xampp\htdocs


4. Kemudian aktifkan XAMPP dengan mejalankan file “apache_start.bat” dan “mysql_start.bat”.
Caranya: pertama jalankan file “apache_start.bat” terlebih dahulu, kemudian “mysql_start.bat” (double-click pada file tersebut).

  • Dalam beberapa versi Windows, akan muncul message firewall ketika apache pertama kali dijalankan
  • Pada Windows yang Firewall-nya aktif, biasanya akan muncul pop-up “Windows Security Alert”. Klik tombol “Unblock”
    Klik Allow Acces untuk mengijinkan komputer menjalankan proses Apache web server.
  • Muncul tampilan aplikasi comand prompt, biarkan saja. Jangan Ditutup ! Di-minimize saja…

5. Buka browser dan , pada URL Bar ( kotak alamat web) ketik localhost/phpmyadmin kemudian tekan <ENTER>, kemudian klik Database. Setelah itu isi di bagian Create Database dengan nama database yang anda inginkan jika sudah di isi klik CREATE.

6. Setelah membuat Database, silahkan klik pada bagian Check Privileges pada Database yang anda buat tadi.

7. Setelah di-klik Check Privileges maka akan muncul halaman seperti gambar di bawah ini, setelah muncul halaman Check Privileges lalu klik add user.

8. Setelah muncul halaman User silahkan isikan nama user sesuai keinginan anda

  • User Name >> di isi dengan nama user yang anda inginkan
  • Host >> pilih local
  • Password >> di isi kata sandi yang anda inginkan
  • Pada bagian Global Privileges silahkan anda centang lalu klik Go

9. Jika sudah membuat Database dan Database User langsung saja menuju folder E:\xampp\htdocs\slims8_akasia tidak perlu meng Export Databse bawaan Slims 8 Akasia berbeda dengan cara menginstall Slims versi sebelumnya yang harus meng Export data base terlebih dahulu. Silahkan buka file sysconfig.inc.php yang berada di E:\xampp\htdocs\slims8_akasia dan sesuai kan konfigurasi nya sesuai Database, Database User, dan Database Password yang kita buat tadi edit dengan Notepad++

10. Buka browser dan , pada URL Bar ( kotak alamat web) ketikkan localhost/slims8_akasia kemudian tekan <ENTER>
Maka akan muncul halaman seperti dibawah ini lalu klik LET’S START THE INSTALLATION


11. Klik NEW INSTALL
 

12. Isikan parameter yang sudah dibuat tadi, mulai dari nama database, username database, dan password database dan klik NEXT

13. Instalasi selesai

14. dan SLiMS siap digunakan

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*