Sekilas tentang Visual Basic

Sejarah Visual Basic

Visual Basic untuk DOS dan Windows diperkenalkan pada tahun 1991. Versi 3.0 dari Visual Basic dikeluarkan pada tahun 1993 dan lebih mengalami kemajuan yang pesat dibandingkan dengan versi sebelumnya. Visual Basic 3.0 masih menggunakan kode-kode yang bekerja dalam 16 bit. Kemudian pada akhir tahun 1995 dikeluarkan Visual Basic versi 4.0 yang mendukung proses 32 bit. Pada akhir tahun 1996 dikeluarkan Visual Basic versi 5.0 dengan kelebihan yang dapat mendukung control Activex dan mulai menghapus atau menghilangkan dukungan terhadap proses 16 bit. Visual Basic versi 6.0 dikemas satu paket Microsoft Visual Studio 6.0 yang merupakan produk yang dirilis akhir tahun 1998.

Apa itu Visual Basic? Visual Basic adalah

Apa Itu Visual Basic?

Visual Basic adalah bahasa pemrograman event-driven yang berasal dari BASIC. Event driven artinya program penunggu sampai adanya tanggapan dari pemakai berupa kejadian tertentu, misalnya tombol diklik atau menu dipilih. Ketika event terdeteksi, event yang berhubungan akan melakukan aksi sesuai dengan kode yang diberikan. Ada tiga edisi yang dikeluarkan Microsoft, yaitu:

A. Standard Edition
Standard Edition sangat direkomendasikan bagi pemula yang ingin mempelajari Visual Basic 6.0. Standard Edition mempunyai fasilitas sebagai berikut:

    • Kemampuan aplikasi 32 bit yang berjalan di Microsoft Win 9x dan Win NT untuk pemula.
    • Terdiri dari control seperti grid, tab, dan Data Bound.
    • Memuat Learn Visual Basic Now dan Online Help.
    • Microsoft Developer Network CD berisi dokumentasi.

B. Professional Edition
Professional Edition umumnya digunakan oleh para professional yang sudah cukup mendalami Visual Basic 6.0. Tidak terlalu banyak perbedaan dengan Standard Edition, hanya ada beberapa tambahan, diantaranya:

    • ActiveX Control, termasuk Internet Control
    • IIS (Internet Information Server)
    • Dynamic HTML Page Designer

C. Enterprise Edition
Enterprise Edition lebih ditekankan untuk membuat aplikasi yang bersifat server based, tetapi program-program aplikasi standard dapat berjalan dengan baik jika menggunakan versi ini. Fasilitas tambahannya antara lain:

  • Application Performance Explorer
  • IIS (Internet Information Server)
  • Support for Microsoft Transaction Server 2.0
  • SQL Debugging
  • Visual Component Manager
  • Visual Database Tool

Visual Basic adalah salah satu Development Tool yaitu alat bantu untuk membuat berbagai macam program komputer, khususnya yang menggunakan sistem operasi Windows. Jadi, dapat disimpulkan bahwa Visual Basic memiliki fungsi sebagai alat bantu untuk membuat berbagai macam program komputer. Visual Basic merupakan salah satu bahasa pemrograman komputer yang mendukung Object Oriented Programming (OOP). Sayangnya, Visual Basic sampai saat ini hanya dapat berjalan di atas lingkaran sistem operasi Windows. Untuk kalangan sistem operasi lain seperti Linux misalnya, Visual Basic masih belum bisa berjalan optimal walaupun saat ini sudah mulai dirintis sebuah framework berbasis .NET agar dapat menjalankan aplikasi VB.NET di atas platform Linux.

Komponen yang ada pada visual Basic

Ketika program Visual Basic telah terbuka, maka akan ditemui banyak komponen yang terdapat di dalamnya, yaitu sebagai berikut :
1.Control Menu
Menu yang digunakan untuk memanipulasi jendela Bahasa Pemrograman, dari menu ini kita bisa mengubah ukuran-ukuran, memudahkan menutup jendela Bahasa Pemrograman.
2.Toolbar
Tombol-tombol yang mewakili suatu perintah tertentu.
3.Form Windows
Daerah kerja utama pada saat membuat suatu program aplikasi akan otomatis tersedia.
4.Toolbox
Komponen-komponen yang akan digunakan dalam perancangan program, terdiri dari :
a. Label, digunakan untuk menampilkan teks yang tidak dapat diedit oleh user.
b. Text Box, digunakan untuk memasukan dan mengedit teks.
c. Option button, merupakan bagian dari Optiongroup, digunakan untuk menampilhkan beberapa pilhandimana user hanya dapat memilih satu.
d.Image, digunakan untuk menampilkan bitmap, Ikon,file JPG atau GIF.
e.Chek box, digunakan untuk memilih satu pilhan atau lebih secara bersamaan yang disediakan pada program.
f.ComboBox, digunakan untuk memilih satu pilhan yang disediakan pada program yang menapilkan seluruh pilihan yang tersedia saat objek tersebut diklik.
g.Commond Button, digunakan untuk membuat suatu aksi saat objek tersebut diklik.
h.List box,digunakan untuk menampilkan dafatar item dimana user dapat memilih dirinya.
i.Frame, digunakan sebagai wadah Control atau Toolbox yang lain.
j.Timer, digunakan untuk mengeksekusi event timer dalam interval waktu tertentu.
k.Data, digunakan untuk menghubungkan dengan sebuah database dan menampilkan informasinya pada form.
5.Properties Windows
Jendela yang digunakan untuk melihat semua informasi objek yang terdapat pada aplikasi Bahasa Pemrograman Berbasis Objek. Properties adalah sifat dari sebuah objek.
6.Project Explorer
Jendela yang digunakan untuk melihat sebuah informasi tentang tampilan form atau tampilan jendela kode.
7.Code Windows
Jendela tempat menulis perintah yang akan dilaksanakan jika suatu objek dijalankan, jendela berbasis kode-kode yang merupakan instruksi Bahasa Pemrograman Visual Basic.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*