Tutorial Installasi XAMPP

Fungsi XAMPP

Fungsi XAMPP sendiri adalah sebagai server yang berdiri sendiri (localhost), yang terdiri beberapa program antara lain : Apache HTTP Server, MySQL database, dan penerjemah bahasa yang ditulis dengan bahasa pemrograman PHP dan Perl. Nama XAMPP sendiri merupakan singkatan dari X (empat sistem operasi apapun), Apache, MySQL, PHP dan Perl. Program ini tersedia dalam GNU General Public License dan bebas, merupakan web server yang mudah untuk digunakan yang dapat menampilkan halaman web yang dinamis. Untuk mendapatkanya XAMPP anda dapat mendownload langsung dari web resminya. Dan berikut beberapa definisi program lainnya yang terdapat dalam XAMPP.

Server HTTP Apache atau Server Web/WWW Apache adalah server web yang dapat dijalankan di banyak sistem operasi seperti (Unix, BSD, Linux, Microsoft Windows dan Novell Netware serta platform lainnya) yang berguna untuk melayani dan memfungsikan situs web. Protokol yang digunakan untuk melayani fasilitas web/www ini menggunakan HTTP.

MySQL adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL (bahasa Inggris: database management system) atau DBMS yang multithread, multi-user, dengan sekitar 6 juta instalasi di seluruh dunia. MySQL AB membuat MySQL tersedia sebagai perangkat lunak gratis dibawah lisensi GNU General Public License (GPL), tetapi mereka juga menjual dibawah lisensi komersial untuk kasus-kasus dimana penggunaannya tidak cocok dengan penggunaan GPL.

PHP: Hypertext Preprocessor adalah bahasa skrip yang dapat ditanamkan atau disisipkan ke dalam HTML. PHP banyak dipakai untuk memrogram situs web dinamis. PHP dapat digunakan untuk membangun sebuah CMS.

phpMyAdmin adalah perangkat lunak bebas yang ditulis dalam bahasa pemrograman PHP yang digunakan untuk menangani administrasi MySQL melalui Jejaring Jagat Jembar (World Wide Web). phpMyAdmin mendukung berbagai operasi MySQL, diantaranya (mengelola basis data, tabel-tabel, bidang (fields), relasi (relations), indeks, pengguna (users), perijinan (permissions), dan lain-lain).Pada dasarnya, mengelola basis data dengan MySQL harus dilakukan dengan cara mengetikkan baris-baris perintah yang sesuai (command line) untuk setiap maksud tertentu. Jika seseorang ingin membuat basis data (database), ketikkan baris perintah yang sesuai untuk membuat basis data. Jika seseorang menghapus tabel, ketikkan baris perintah yang sesuai untuk menghapus tabel. Hal tersebut tentu saja sangat menyulitkan karena seseorang harus hafal dan mengetikkan perintahnya satu per satu.

Saat ini banyak sekali perangkat lunak yang dapat dimanfaatkan untuk mengelola basis data dalam MySQL, salah satunya adalah phpMyAdmin. Dengan phpMyAdmin, seseorang dapat membuat database, membuat tabel, mengisi data, dan lain-lain dengan mudah, tanpa harus menghafal baris perintahnya.
phpMyAdmin merupakan bagian untuk mengelola basis data MySQL yang ada di komputer. Untuk membukanya, buka browser lalu ketikkan alamat http://localhost/phpmyadmin, maka akan muncul halaman phpMyAdmin. Di situ nantinya seseorang bisa membuat (create) basis data baru, dan mengelolanya.

Installasi XAMPP

Yang pertama, INSTALL XAMPP terlebih dahulu.. Caranya? Klik kanan pada Master Xampp yang telah di download

1. Klik run as administrator.

2. Pilih bahasa English. Klik OK

 

3. Jika muncul peringatan seperti ini (yang artinya apa saya juga gak paham hehehee…) langsung saja klik OK.

4. Klik Next

5. Kemudian pilih letak drive dimana akan diinstall XAMPP. Saya sarankan di selain C, karena jika diinstall di C akan berakibat fatal jika sewaktu-waktu komputer error atau kena virus dan harus diinstall ulang, maka program SLiMS pun akan ikut terhapus.

Catatan: juga perhatikan peletakan XAMPP. Letakkan langsung di bawah drive, BUKAN DI DALAM FOLDER. Misal G: XAMPP bukan G: Folder: XAMPP
Jika peletakan XAMPP ini salah, maka XAMPP tidak akan bisa aktif, dan installasi SLiMS pun akan gagal.

6. Kemudian centang pada opsi Create a XAMPP dekstop icon (untuk membuat shortcut/pintasan XAMPP pada deskstop) dan pada opsi Create a Apache Friends XAMPP folder in star menu (untuk membuat folder XAMPP pada menu star)

bagian SERVICE SECTION jangan dicentang.

Klik Install

7. Jika muncul tampilan kotak hitam seperti ini… eits… dont worry. Jangan panik.. biarkan dan tunggu sejenak…

8. Tet teret tereeeeet…. selamat. Anda telah berhasil menginstall XAMPP. Jika muncul tampilan seperti ini, klik Yes.

 

sekian tutorial installasi XAMPP

Sumber: http://opraywinter.blogspot.com/2014/11/definisi-pengertian-dan-fungsi-xampp.html

http://blogslims.blogspot.com/2015/07/langkah-mudah-install-slims-7.html

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*