Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terbaca di HP Samsung: Unsyiahpress

Sebagai pemakai handphone Android, kita mengetahui jika kartu SIM mempunyai peranan yang penting. Tanpa kartu SIM, karena itu handphone yang kita punyai tak berarti apapun. Kita bisa lakukan panggilan, mengirimi pesan SMS, atau terhubung internet karena ada kartu SIM di handphone kita. Sekalinya kita bisa memakai jaringan WiFi atau Hotspot untuk tersambung ke internet, kita tetap memerlukan kartu SIM untuk terhubung beragam service atau program yang memerlukan nomor telephone sebagai alat registrasi atau login.

Nach, kadang permasalahan yang tidak kita harapkan, seperti kartu SIM yang tidak bisa dibaca / tidak teridentifikasi terjadi pada handphone kita. Ini sudah pasti akan membuat komunikasi terusik, kita tidak dapat lakukan panggilan jika kartu SIM tertulis “tidak ada service”, “kartu SIM tidak teridentifikasi”, “SIM tidak benar”, “no sim card detected”, “signal tidak ada”, dan lain-lain. Lantas, apa pemicu dari kartu SIM yang tidak bisa dibaca itu? Untuk menjawab, silahkan Anda baca pemicu dan jalan keluar menangani kartu SIM yang tidak bisa dibaca di bawah ini.

Membeli Kartu Telkomsel di Shopee

Menurut unsyiahpress.id ada beberapa factor yang mengakibatkan kartu SIM tidak bisa dibaca, bisa disebabkan umur kartu SIM yang terlalu tua, kuningan kartu yang tergesek, slots kartu SIM yang hancur, IMEI lenyap, periode gunakan kartu SIM yang habis, dan sebagainya. Secara lengkap, Anda dapat baca beberapa point pemicu dan penuturannya berikut!

Umur gunakan kartu SIM terlalu lama – Kartu SIM yang telah berusia di antara 3-5 tahunan akan alami kemunduran pada material plastik dan kuningan. Bila didiamkan, karena itu hal itu bisa mengakibatkan kartu SIM tidak bisa dibaca. Dan kemungkinan telah waktunya untuk tukar dengan kartu SIM yang baru.
Status kartu SIM yang kurang cocok – Status atau peletakan kartu SIM yang kurang cocok dapat mengakibatkan kartu SIM tidak bisa dibaca. Disamping itu, dampak bentrokan pada handphone atau jatuh dapat mengakibatkan status kartu SIM berubah.

Kekeliruan komposisi jaringan – Kekeliruan komposisi kartu SIM atau jaringan dapat mengakibatkan kartu SIM tidak bisa dibaca. Bisa saja, setel kartu SIM di handphone Anda pada kondisi disable atau penataan APN yang keliru.
Kuningan kartu SIM tergesek / hancur – Kuningan sebagai bagian utama pada kartu SIM. Sisi itu benar-benar peka, bila ada benda yang membuat kuningan itu tergesek terlampau dalam, maka membuat lajur kuningan terputus dan kartu SIM tidak terbaca oleh handphone.
Periode gunakan kartu SIM habis – Bila Anda lupa untuk isi pulsa atau perpanjang periode aktif kartu, karena itu kartu SIM akan masuk ke periode tenggang. Bila dalam periode tenggang itu kartu SIM tidak diperpanjang, karena itu tentu saja kartu SIM akan tidak diaktifkan dan tidak dapat dipakai kembali.
IMEI lenyap – IMEI sebagai code unik yang berperan sebagai identitas pada handphone. Jika IMEI tidak teridentifikasi / Invalid / null, karena itu kartu SIM tidak bisa dibaca. Biasanya, IMEI yang lenyap kerap kali terjadi sesudah lakukan flashing dan akses root.
Slots kartu SIM hancur – Peluang slots kartu SIM Anda hancur hingga mengakibatkan kartu SIM tidak bisa dibaca atau mungkin tidak teridentifikasi. Untuk menentukannya, coba kerjakan pengetesan dengan memasangkan kartu SIM lain.
Kerusakan elemen IC PA – IC PA sebagai elemen handphone yang bekerja untuk terima signal. Nach, jika handphone Anda tidak ada signal benar-benar atau bertanda “X”, bisa saja elemen IC PA yang hancur.
dan lain-lain.

Langkah menangani kartu SIM tidak bisa dibaca

Dari beberapa point pemicu yang kami terangkan di atas, waktunya lakukan pembaruan dengan ikuti beberapa tips-nya berikut!

1. Re-start HP Samsung Anda

Sistem pertama, Anda mulai bisa secara paling simpel yaitu dengan re-start atau berisi ulangi HP Samsung Anda. Umumnya permasalahan kartu SIM yang tidak bisa dibaca dan beberapa permasalahan lain, misalnya: program tidak dapat dibuka, signal yang tidak tampil, macet, hang, dan lain-lain bisa terselesaikan cukup dengan berisi ulangi piranti. Mungkin permasalahan kartu SIM yang tidak bisa dibaca akibatnya karena serviss mekanisme Android yang tidak digerakkan, hingga mengakibatkan permasalahan pada jaringan dan sambungan berkaitan.

Dengan berisi ulangi piranti diharap servis mekanisme bisa jalan normal dan kartu SIM dapat dibaca atau teridentifikasi. Tapi bila berisi ulangi tidak membenahi permasalahan, coba untuk mematikan handphone dan nantikan sepanjang 30 detik, selanjutnya aktifkan kembali.

2. Pakai model pesawat terbang

Selainnya berisi ulangi piranti, Anda dapat memakai model perawat terbang (airplane model) untuk me-refresh jaringan. Sebetulnya feature model pesawat terbang dipakai di saat pemakai lakukan penerbangan supaya tidak mengusik komunikasi. Tetapi Anda dapat manfaatkan feature ini untuk me-refresh sambungan jaringan (SIM Card, WiFi, Bluetooth, dan yang lain). Anda dapat ON OFF model pesawat terbang sepanjang sesaat untuk me-refresh jaringan.

  • Membuka menu Penataan pada HP Samsung Anda.
  • Teruskan dengan pilih Jaringan.
  • Aktifkan Model terbang sepanjang sesaat.
  • Kemudian, matikan kembali.
  • Saksikan apa kartu SIM dapat dibaca atau mungkin tidak.
  • Usai.

Selainnya lewat menu Settings, Anda bisa juga terhubung feature pesawat terbang lewat status bar / pemberitahuan bar atas. Gulir bilah pemberitahuan di monitor HP Samsung Anda, lalu aktifkan model pesawat terbang sepanjang sesaat selanjutnya matikan kembali.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*